Wednesday 2 January 2013

Konversi File PDF Hasil Scan menjadi Teks dengan PDF OCR

Adakalanya saat mengkonversi dokumen pdf ke bentuk dokumen word kita merasa kecele. Meski sudah dengan software konversi pdf ke word yang terbaik sekalipun. Niat kita awalanya adalah agar isi file pdf tersebut bisa dengan mudah kita copy paste untuk bikin makalah, tugas kuliah dan lain sebagainya. Tetapi, hasilnya tetap tidak bisa dicopy sebagaimana kita biasa melakukannya pada isi file dokumen word.

pdf ocr @ www.duan.web.id
Sebabnya adalah file pdf yang kita konversi tersebut sejatinya berasal dari hasil scan. Bukan berasal dari hasil pengetikan di word atau pengolah kata lainnya. Sehingga isi file pdf itu adalah image (katakanlah gambar) bukan teks. Sehingga ketika dikonversi ke word, hasilnya akan berupa seperti gambar (image) yang disisipkan ke dokumen word.

Untuk mengatasi persoalan ini, kita tidak memerlukan software pengkonversi pdf ke word, melainkan software OCR (optical character recognition). Dengannya, secara sederhana, file pdf yang berisi image tadi dapat dikenali sebagai susunan karakter yang membentuk teks. Sehingga hasil dari proses OCR nya akan berupa teks yang bisa kita copy. 

Untuk keperluan ini, bisa menggunakan PDF OCR. Kebetulan software yang biasanya dibandrol dengan harga $ 49,95 USD ini sekarang bisa didapatkan dengan gratis. Ini berlakun untuk 18 jam ke depan. Cukup kunjungi alamat http://www.giveawayoftheday.com/pdf-ocr-43/. Lalu klik download seperti gambar di bawah: Lalu ekstrak dalam satu folder, dan jalankan file setup (install). Saat proses instalasi, komputer laptop harus tetap terkoneksi dengan internet.
downloado  @ www.duan.web.id


Software Alternatif yang juga adalah Supergreek Free Document OCR atau ABBYY Screenshot Reader. Yang pertama, sesuai namanya, software ini bisa didapatkan dengan cuma-cuma alias gratis. Cukup kunjungi alamat http://www.ocrfree.net/. dan download!

greek  @ www.duan.web.id

Selanjutnya yang menurut saya sangat bagus untuk keperluan OCR ini adalah ABBY ScreenShot Reader bisa didapatkan melalui halaman ini. Semoga bermanfaat!

Share:

0 comments:

Post a Comment