Saturday 22 September 2012

Cara Agar Gratis Facebook dengan HP

Facebook sudah tidak asing lagi bagi pengguna internet. Bagi pemilik hp yang mendukung akses internet, facebook bisa diakses dengan gratis, tanpa bayar atau tanpa dipotong pulsa. Kalaupun terjadi pemotongan pulsa, pengalaman saya biasanya hanya berkisar beberapa rupiah saja, tidak sampai beratus atau beribu rupiah. Akses gratis tersebut pernah diiklankan di sebelah sisi kanan jendela facebook sendiri (jika dibuka dengan komputer), yang saya sebut zero facebook atau null facebook. Dan informasi terkait ini sebenarnya sudah bukan hal yang baru lagi.

Disebut zero atau null karena memang menggunakan angka nol. Melalui hp bisa mengakses gratis facebook dengan memasukkan alamat URL http://0.facebook.com.

private doc http://noor-ridhwan.blogspot.com
Saya menggunakan hp merk Samsung tpe GT- C3322 dengan kartu Telkomsel, yakni kartu AS. Sebaiknya terlebih dahulu cek pulsa, dan ingat, untuk memastikan akses nya gratis atau tidak. :)
Pertama kali, pada menu utama pilih Internet, makan akan segera loading ke homepage default nya. Pencet "stop". Lalu pilih "options" atau dalam bahasa Indonesia nya "pilihan".

Setelah itu pilih "enter URL" atau dalam bahasa Indonesia nya "masukkan URL", lalu ketikkan "http://0.facebook.com". dan klik "open" atau dalam bahasa Indonesia nya "buka". Maka akan segera membuka halaman zero facebook dengan terdapat kalimat "Free access on Telkomsel network". Coba lah login dengan username dan password kita. Lalu membuat status atau memberikan komentar pada status teman kita.

Jika ingin mengatur agar ketika kita pilih "internet" di menu utama, akan diarahkan langsung ke halaman zero facebook , kita harus mengatur alamat homepage. Caranya pilih "options" lalu "setting" ("Pengaturan") , pilih "Homepage" dan pencet "change", lalu masukkan "http://0.facebook.com" dan "save".

Setelah itu, coba keluar dan cek pulsa, apakah pulsa kita terpotong atau tidak. 

Pengalaman saya pribadi, kadang loading nya bisa lambat, atau ketika di cek pulsa ternyata terpotong. Ini menandakan ada yang perlu di setting ulang pengaturannya.

Buka lagi "Internet", pencet "options" lalu "setting" , kemudian pilih "Internet profiles", akan terlihat beberapa profile untuk akses internet, yaitu "TSEL Internet", "TSEL WAP" dan "TSEL MMS", bahkan ada profil lain di luar jaringan Telkomsel.

Pilih "TSEL WAP" dan pencet "save". Selesai.

Pada profil "TSEL WAP"  sebaiknya lihat konfigurasinya terlebih dahulu, tekan "options" dan pilih "edit", lalu cek apakah cocok dengan :

Set name : TSEL WAP
Home URL : http://0.facebook.com.
Bearer : GPRS only
Proxy : on
Address : 10.1.89.130
Port : 8000
DNS1 : 0.0.0.0
DNS2 : 0.0.0.0

Untuk GPRS Setting nya :
Access name : telkomsel
User ID : wap
password : ****** (kayaknya isinya "telkom")

Untuk GSM Setting nya :
Number : 8789
User ID : wap
password : ****** (kayaknya isinya "telkom")
Type : ISDN

HP saya menggunakan bahasa Inggris.
Mengapa perlu di cek apakah sudah sesuai atau tidak dengan itu semua, sebab konfigurasi itu lah yang bisa mengakses gratis facebook. :)
Jika sudah sesuai, baru lah di "save" profil "TSEL WAP" nya.

Catatan : Sebaiknya profil "TSEL Internet" nya dihapus saja.
Ini berdasar pengalaman saya, ditulis disini biar berguna jika suatu ketika memerlukan, misalnya setting hp saya berubah. :)

Untuk jaringan XL, Indosat atau atau 3 dan sebagainya, sebaiknya dicoba aja, gimana hasilnya, pengalaman lah yang akan menjawabnya. Semoga bermanfaat.

Share:

4 comments:

  1. ka pengen nanya, ko di hape samsung saya ga bisa 0.facebook lagi ya? padahal kemaren2 bisa. setiap saya pengen buka 0.facebook ada tulisan peringatan "layanan tidak tersedia" itu gimana ya? maksudnya? tolong di jawab. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang tergantung operatornya lagi. untuk telkomsel masih bisa. yg lain seperti XL sudah tidak bisa lagi kayaknya

      Delete
  2. skrng koq aku pake TELKOMSEL tpi g bisa....

    ReplyDelete
  3. Untuk GPRS dan GSM setting itu passwordnya bukan telkom gan, tapi 123456 dan kartu as sekarang tidak mendukung 0.facebook.com lagi, tapi harus download facebook messenger.

    ReplyDelete