Sunday 27 January 2013

Tips Meningkatkan Kinerja Laptop

Beberapa cara untuk memelihara performa atau meningkatkan kinerja sebuah laptop antara lain :

Senantiasa menjaga kebersihan laptop. Ini tidak dapat dipungkiri. Untuk menjaga laptop agar performa dan kinerjanya tetap baik, bahkan bisa lebih cepat, adalah dengan menjaga kebersihannya. Bersihkan keyboard laptop dari debu atau remah-remah makanan, seperti nasi atau sisa snack yang mungkin jatuh ke keyboard. 

laptop www.duan.web.id
Sumber Foto: resourcefulus.com

Jaga suhu laptop ketika digunakan agar tidak panas berlebihan. Sebaiknya menggunakan cooling pad atau kipas laptop saat bekerja dengan laptop. Hindari menempatkan laptop pada benda-benda yang tidak menyerap panas, misalnya, lebih baik menaruh laptop di lantai keramik daripada menaruhnya di bantal atau kasur. Panas yang berlebihan dapat membuat laptop mati sendiri akibat kepanasan. Untuk mendeteksi suhu/panas laptop, dapat menggunakan software tertentu, semisal HDD health yang memberikan peringatan manakala suhu harddisk melebihi batas tertentu.

Secara rutin melakukan defragmentasi harddisk laptop. Salah satu software untuk keperluan ini dapat menggunakan Ultra Defrag.

Jangan menggunakan banyak animasi. Biasanya orang lebih senang melihat laptop dengan tampilan yang bagus dan menambahkan animasi tertentu, semisal widget penghias desktop. Memang, laptop terlihat indah, tetapi semua itu akan menguras kinerja laptop Anda. Ini akan terasa jika laptop yang Anda gunakan sudah jadul. hehe

Menggunakan software untuk optimasi dan maintance laptop. Banyak software untuk ini di antara yang sering saya gunakan dan bahkan hingga kini  masih saya gunakan adalah Glary Utlities dan Advanced System Optimezer. Bisa juga menggunakan Wise Care 365. Bersihkan sampah-sampah yang memenuhi isi laptop Anda. Uninstall software yang tidak atau kurang berguna. Bersihkan Registry laptop Anda secara rutin, lebih bagus jika tiap hari digunakan, tergantung intensitas pemakaan laptop.

Menambah RAM. Semakin hari semakin banyak software laptop yang membutuhkan memory tidak sedikit. Jika budget Anda memungkinkan, sebaiknya tambah lah memory laptop Anda, jika Anda tidak ingin memberi laptop yang baru sekalian :). Anda juga bisa membeli CPU atau SSD (Solid State Drive) yang baru.

Semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat.

Share:

0 comments:

Post a Comment