Tuesday 22 January 2013

Cara Membuat Layout Buku di MsWord 2007

Cara mencetak dokumen bentuk buku sebenarnya ada beberapa alternatif, di antaranya seperti yang pernah saya tulis di blog ini pada halaman tips mencetak dokumen bentuk buku. Agar berhasil menggunakan tips itu, sebenarnya yang pertama kali kita atur adalah lay out dokumen itu sendiri. Ini dapat kita atur/setting sedemikian rupa agar berbentuk lay out buku.

Pertama sekali memilih Page Layout pada menu utama Microsoft Office Word, saya menggunakan MsWord 2007. (Untuk Msword 2010 ke atas bisa disesuaikan sendiri). Pilih tanda panah kecil di pojok bawah bagian page setup, lihat gambar di bawah:

lay out 1

Setelah itu akan ditampilkan jendela sebagaimana gambar:

lay out 2

Pertama sekali adalah memilih orientasi pencetakan ke bentuk Lanscape (nomor 1). Setelah itu pada bagian  Pages di baris Multiple pages pilih Book fold (nomor 2). Yang terakhir adalah mengatur margin halaman, ubahlah angka-angka (nomor 3 dan 4) sesuai yang kita inginkan. Jika sudah selesai, baru klik OK.

Jika diperlukan kita bisa juga mengubah ukuran kertas sesuai yang akan kita gunakan untuk mencetak bentuk buku.

Pada Page Setup pilih Paper, lalu ubahlah angka pada baris width (lebar) dan heigh (panjang/tinggi) sesuai ukuran kertas yang telah kita siapkan. Umumnya kita mengenal dua ukuran kertas, folio dan kuarto. Kertas folio ukuran panjangnya 33 cm dan lebarnya 21,5 cm, sedangkan kuarto panjangnya 29,7 cm dan lebarnya 21 atau 21,5 cm.

Pada gambar di bawah saya menggunakan ukuran kertas folio. Width saya isi dengan ukuran panjang folio yaitu 33 cm dan pada bagian heigh saya isi dengan ukuran lebar 21,5 cm.

lay out 3

Langkah terakhir tinggal klik OK. 

Setelah ini dilakukan, barulah bisa dilakukan proses pencetakan dokumen bentuk buku sebagaimana langkah pada tips mencetak dokumen bentuk buku

Ada tambahan?
Share:

0 comments:

Post a Comment