Quantcast
Breaking News
Loading...
Friday, 25 January 2013

Cara Merekam Acara TV Online dengan IDM

Cara merekam siaran TV online ini murni merupakan pengalaman saya dalam berinternet. Siaran TV online memang susah untuk direkam atau di download. Ini berbeda dengan video streaming di kanal youtube yang sangat banyak sekali aplikasi/ software untuk mendownload video nya.

Biasanya untuk merekam siaran TV online orang menggunakan software jenis screen capture, atau penangkap gambar. Memang beberapa software itu mampu merekam suara juga, tetapi repotnya jika komputer atau laptop kita bermasalah dengan komponen voice recording nya (seperti yang saya alami, he). Oleh karena itu, perlu dicari solusi yang tepat agar bisa merekam acara favorit dari TV online / TV streaming.

Ternyata dengan Internet Download Manager (IDM) kita bisa merekam siaran TV online. Tapi untuk ini diperlukan kiat atau tips dan trik tersendiri. Sebabnya ketika dengan IDM, nampak video yang kita download atau rekam seolah tidak ada batas waktu berhentinya (sangat berbeda dengan ketika mendownload dari youtube). Nah di sini akan saya share tips untuk mendownload acara TV online dengan IDM itu.

Pertama sekali syaratnya adalah kita harus memiliki aplikasi Internet Download Manager yang terinstall baik di komputer kita, usahakan yang terbaru (saat ini sudah ada versi 6.14). Dan pastikan IDM itu sudah terintegrasi dengan browser kita. Pada tips ini saya menggunakan browser Google Chrome.

Selanjutnya adalah membuka alamat TV online / TV streaming itu dengan browser yang kita miliki. Saya membuka TVone streaming. Ketika siaran TV online / TV streaming itu berlangsung, IDM akan segera mendeteksi ada video yang sedang diputar dengan menampilkan tombol untuk download seperti tampilan di bawah (lihat kotak merah).

tvone

Klik kiri tombol itu, sehingga muncul jendela dialog download IDM:

download dialog

Klik start download, sehingga proses download berjalan:

proses download

Lihat gambar di atas, IDM tidak dapat menampilkan berapa lama lagi waktu selesai proses donwload itu. (Time left: unknown). Begitu juga durasi nya, duration; unknown. Resume capability juga unknown. Dan sama halnya, tombol Pause pun tidak dapat difungsikan.Yang dapat kita gunakan adalah tombol cancel.

Klik "cancel" untuk menghentikan proses perekaman TV online (proses download TV online). Tentu saja untuk itu Anda harus tetap menyaksikan acara TV dari browser untuk memastikan acaranya berlangsung hingga selesai.

Perhatikan jendela IDM berikut:

jendela IDM

Lihat kotak merah kiri, tampak untuk file tvOne Streaming sepertinya belum selesai didownload. Ukuran (size) nya juga tidak ada, dan begitu juga Status nya kosong. Sepertinya kita gagal mendownload siaran TV online itu. Jangan cepat menyimpulkan ah! He he.

Sekarang, buka My Computer dan pilih drive System C: . Selanjutnya klik Documents and Settings, lalu  nama User Acount Anda (untuk kasus saya adalah Acer). Kemudian Application Data, selanjutnya IDM, lalu DwnlData, kemudian  User Acount Anda kembali ( untuk saya adalah Acer) . Cukup panjang ya? Atau  bisa Anda saksikan dari gambar di bawah, perhatikan yang saya beri kotak merah panjang.

folder

Buka folder TVone (nanti namanya disesuaikan dengan TV yang Anda rekam), perhatikan isinya:

tvone1

Hari ini (Today), nama file tvone1 type file nya tidak jelas atau hanya file. Sekarang klik kanan pada file tvone1:

klik kanan

Pilih Rename, dan tambahkan karakter ".flv" (titik flv) di ujung nama file tvone1 sehingga menjadi tvone1.flv.

flv files

Sekarang file itu sudah berekstensi flv dan bisa Anda putar sebagai video dengan video player yang Anda miliki. Pindahkan saja (simpan) file itu ke folder yang Anda kehendaki. Berikut contoh video hasil rekaman saya kali ini.



Selamat mencoba tips merekam acara TV online / TV streaming dengan IDM. Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar jika ada sesuatu ?

25 comments:

  1. IDMnya nggak bisa deteksi streaming TVnya gan, pdhal IDM ane udah biasa buat download" video di youtube?? yg salah ini apa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagian memang tidak bisa, coba ganti alamat tv streaming nya bro :-b

      Delete
    2. Saat saya komen ini saya OL di hp, secara detil ngga tau jg knp ngga bisa... Tapi kesimpulan saya... Agan katanya bisa download youtube tp ga bs dowload striming tv. PERTANYAAN nya... Apa di browser/PC agan sudah ada Ikon download IDM seperti yg disebutkan admin ?? Klu blm ada berarti setting IDM belum sempurna krn untuk menampilkan/menghilangkan ikon download itu ada settingnya di IDM... Maaf klu salah... :)

      Delete
  2. gan kok di lepi ane ga ada app data nya ya,, ane pake win7 x86

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tapi mungkin sembunyi (hidden), ente buka windows explorer dulu, lalu di atas pilih organize, kemudian folder and search options, lalu 'view' dan hilangkan tanda ceklist di muka hide protected operating system files. lalu cari lagi deh :D

      Delete
    2. ok, sdh bisa mas, matur suwun yo.. He2 :)

      Delete
  3. terima kasih banyak atas pengetahuan yg diberikan.....sangat bermamfaat...trims sekali lagi.

    ReplyDelete
  4. Kog di laptop saya gk ada document and setting nya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk WIn 7 :
      ► Computer ► Local Disk (C:) ► Users ► DHWAN ► AppData ► Roaming ► IDM ► DwnlData ► DHWAN ► tvone3_471

      DHWAN : Sesuai Nama USER Komputer Anda
      tvone3_471 : Nama Folder, sesuai tv yang didownload

      tips: Sebaiknya isi folder DHWAN yg kedua diurutkan sort by date modified dan group by date modified, lalu lihat pada bagian "today"

      Delete
  5. sepertinya gak semua tv streaming bisa ya. apa mungkin versi idmnya ya.. @-)

    ReplyDelete
  6. Thanks berat mas atas caranya (h)
    :d :d :d

    ReplyDelete
  7. kok trans7 gak ada pop up buat downloadnya ya??

    ReplyDelete
  8. Gan, ane bisa rekam dan download dgn IDM, tp kok gk ada suaranya ya ?

    ReplyDelete
  9. Thanks gan, info nya sangat bermanfaat,, hehe walaupun hasil nya gak semulus streaming nya

    ReplyDelete
  10. gan, kok di USERS cuma ada folder Public n windows 7 ya? folder DHWAN->APPDATA dst kok gak ada ya?
    tolong pencerahannya...

    ReplyDelete
  11. Saya sudah coba pada chanel TV one, tapi chanel tv lain gak bisa, seperti MNCTV, RCTI dan lainnya.. kira2 ada tips lain gak..?

    ReplyDelete
  12. Ane uda nyoba beberapa kali gan... tapi ko yang ke download cuma iklan nya doang ya... sedangkan siaran nya gak ada...

    ReplyDelete
  13. min, cara setting idmnya gimana agar bisa download tanpa henti ?. pdhal idm saya sudah integrasi dg crome

    ReplyDelete

 
Toggle Footer