Wednesday 23 January 2013

Satu Lagi, Cara Mencuri Password Email Gmail

Sebagai pengguna akun google, kita patut waspada. Pasalnya hacker bisa mencuri password email gmail kita. Jika ini yang terjadi, maka seluruh akun di layanan google yang terhubung dari email gmail itu akan berpindah dari tangan kita ke orang jahat. Ngeri bukan?

Baru-baru ini, Sophos yang merupakan perusahaan untuk urusan IT security dan berpengalaman dalam proteksi data perusahaan telah merilis lagi cara hacker mencuri akun google. Caranya adalah melalui email yang masuk ke inbox gmail calon korban. 

Melalui satu email, hacker meminta calon korban untuk membuka satu link yang disertakan di dalamnya. Calon korban mungkin tidak menduga bahwa itu adalah sarana phising, sebab link itu merujuk pada Google Docs. Salah satu contoh email itu bisa dilihat di bawah ini.

mencuri password

Apabila kita klik link yang ada di email itu, kita akan dibawa ke satu situs sebagaimana ditampilkan di bawah ini. Dari tampilannya kita bisa saja yakin bahwa itu adalah halaman Google Docs, padahal kenyataannya bukan! Ini dapat dilihat dari alamat halaman website tersebut (lihat gambar di bawah)
mencuri password-2

Oleh karena itu, waspadalah! Semoga bermanfaat.

Share:

0 comments:

Post a Comment