Wednesday 27 January 2016

Awas ada Facebook Berwarna!

Di antara anggota grup yang saya ikuti, ada satu akun yang membagikan informasi bahwa kita bisa merubah tampilan facebook menjadi berwarna. Tidak melulu seperti tampilan khas facebook hingga hari ini: biru putih. Informasi itu disertai satu alamat web yang sudah disingkat dengan bantuan google shortener link.

Ketika saya buka alamat web itu, saya di bawa ke halaman berikut:

facebook berwarna tipuan

Tampak tampilannya rame sekali dengan warna warni. Lengkap dengan ucapan selamat: Selamat Datang di Facebook 2013 Mobile, Ubah Facebookmu jadi Berwarna. Hehe... Padahal sekarang sudah tahun 2016. Kelihatan sekali mau nipu.

Coba lihat alamatnya bukan https://www.facebook.com sebagaimana mestinya. Alamat tampilan di atas adalah di  http://ampleur.international/a/ . jelas sekali bahwa ini adalah satu phishing site. Tujuannya untuk menipu para pengguna facebook. Pembuat phishing dapat mengumpulkan data korban, mulai dari username dan password pengguna facebook. Dan seterusnya entah apa tujuan berikutnya. Yang jelas bahwa ini adalah penipuan. So, jangan mau tertipu dengan model beginian.

Saya coba klik "masuk" tanpa memasukkan email atau telpon dan password. Ternyata bisa! Saya dibawa ke halaman facebook beneran yang sebelumnya sudah diderect dari Fb berwarna tipuan tadi : https://m.facebook.com/home.php?hrc=1&refsrc=http%3A%2F%2Fampleur.international%2Fa%2Fnext.php&_rdr

Nah, seandainya saya memasukkan username email atau telpon dan password, maka otomatis data akun saya sudah masuk ke dalam data pelaku phishing. Akun saya sudah bisa dikontrol si pelaku dengan mengirim link link jebakan baru. Atau bahkan data penting lain bisa raib. Waspadalah!

Selalu lah update antivirus Anda apabila online menggunakan PC atau laptop. Apabila ternyata antivirus Anda masih belum mendeteksi phishing site ini, sebaiknya Anda segera laporkan ke bagian submission malware atau phishing site Antivirus bersangkutan.

Contoh, saya menggunakan Emsisoft AntiMalware, sehingga untuk kasus saya ini telah saya laporkan pada bagian support Emsisoft. Saya laporkan dua hari yang lalu, yakni tanggal 25 Januari 2017. Pada hari itu juga laporan saya mendapat tanggapan dari pihak support Emsisoft. Pada hari itu juga Emsisoft AntiMalware sudah menandati alamat facebook berwarna itu sebagai phishing dan memblokirnya:


facebook berwarna



Nah, bagi Anda yang menggunakan AntiVirus lain silakan dilaporkan ya ke CS Antivirusnya. Atau kalau mau mencoba Emsisoft AntiMalware bisa langsung didownload di link: Download Emsisoft AntiMalware terbaru gratis!


Share:

0 comments:

Post a Comment