Sunday 7 June 2020

Cara Install Driver Printer Canon MP280 di Ubuntu 20.04 LTS

Setelah melakukan instalasi Ubuntu 20.04 Focal Fossa, satu yang penting untuk menunjang kerja adalah menambahkan printer. Pada ubuntu versi sebelumnya, setelah printer dihubungkan dengan komputer atau laptop, biasanya langsung terdeteksi perangkat printer yang dihubungkan dan bisa langsung digunakan. Akan tetapi pada Ubuntu 20.04 ini sedikit berbeda. 

Sistem Ubuntu tidak secara langsung mendeteksi perangkat printer, merk Canon misalnya yang saya gunakan tipe Pixma MP287. Saya lihat di satu forum juga tidak mendeteksi printer MP145, IP2770 dan MP283. Bahkan ada komentar yang bernada saran agar jangan pindah dulu ke 20.04, bertahan aja dulu di 18.04.

Setelah printer Canon MP287 saya hubungkan ke Ubuntu 20.04 LTS, terlihat sistem mencari driver printernya, tetapi tidak berhasil. Hanya ada keterangan harus download, tapi tidak jelas downloadnya dimana. Yang saya ingat tadi ada keterangan driver gutenprint begitu. Setelah melalui pencarian di dunia internet, ketemulah caranya install driver printer di Ubuntu 20.04 LTS dengan gutenprint.

Caranya, buka terminal dan masukkan perintah:
sudo apt update
[enter]

Lalu ketikkan perintah:
sudo apt install printer-driver-gutenprint
[enter]


Setelah selesai instalasi, hubungkan printer ke Ubuntu, lalu dari menu start, pilih Setting, kemudian ke bagian Printers, add a print, 
install printer Canon Ubuntu 20
pilih printer yang terdeteksi, dalam hal ini saya pilih MP280.


Printer Canon Pixma MP280 series berhasil ditambahkan, dan siap digunakan untuk memprint.
Saya coba untuk scan, juga langsung bisa.


Share:

0 comments:

Post a Comment