Monday 15 June 2020

Install Indonesia Dictionary di Browser Firefox

Ketika membaca ulang beberapa tulisan saya di blog ini, ada saja saya temukan kesalahan penulisan. Saya coba edit post yang ada kesalahan tersebut. Ketika melakukan koreksi kesalahan tersebut, saya perhatikan kalimat yang sudah saya tulis di menu edit post blogspot. Tampak di bawah setiap kata di kalimat-kalimat itu hampir semuanya ada tanda seperti garis merah. Tanda salah penulisan kata.

spelling error


Saya coba meletakkan kursor pada satu kata di tulisan itu. Lalu klik kanan mouse. Muncul pop-up menu. Ada tanda centang pada Check spelling. Di bawahnya ada bagian Languages. Ketika saya pilih, muncul English (Uniteds States). Pantas saja setiap kata yang saya tulis hampir semuanya diberi tanda salah tulis; tanda merah.

Agar tanda merah tidak muncul lagi, saya pilih Add Dictionaries yang ada di bagian bawah English (United States) tadi. Saya dibawa pada halaman web: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/language-tools/

Oh ya saya menggunakan browser Mozilla Firefox. :)

Tinggal cari Bahasa Indonesia, dan klik Kamus Pengecek Ejaan Bahasa Indonesia pada bagian ini:

Lalu pilih Add to Firefox. Add. Okay Got it.

Klik kanan di bagian editor teks di browser, dan pilih languages Indonesian. Sekarang sebagian tulisan sudah hilang tanda merahnya.

cek salah penulisan

Adapun yang masih ada tanda merah, berarti kata tersebut belum ada di add-ons Kamus Pengecek Ejaan Bahasa Indonesia tadi. Untuk menambahkannya cukup arahkan kursor ke kata yang ada tanda merahnya, klik kanan, lalu Add to Dictionary.

Semoga tidak salah ketik lagi. :)



Share:

0 comments:

Post a Comment