Monday 11 February 2013

Tips Mencari Video di Youtube

Mencari video hightlight pertandingan sepakbola di channel Youtube ternyata susah juga. Berbeda dengan jika kita ingin mencari lagu atau video klip yang dengan mudahnya cepat ditemukan. 

Barusan saya membuka Youtube.com untuk mencari video pertandingan Chelsea vs Wigan Athletic yang baru tadi malam dilangsungkan. Saya memasukkan kata kunci "chelsea vs wigan". Hanya beberapa detik setelah menekan enter, sekitar 90.600 hasil pencarian ditemukan (ini menurut yang saya baca di layar lo).


Chelsea vs Wigan


Saya buka video yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian, rupanya video pertandingan tahun lalu. Saya kembali ke hasil pencarian dan melihat di posisi ketiga dari atas, judulnya Chelsea Vs Wigan 4-1 2013 All Goals & Full Highlights 09-02-2013 Premier League HD. Wah saya pikir benar nih. Tetapi setelah saya buka, kembali saya kecele. Saya ditipu, videonya berbeda jauh dengan judul yang ditulis. Itu adalah video pertandingan sepakbola di benua Amerika, saya pun tidak kenal tim mana yang bertanding. Orang lain pun saya pikir akan tertipu dengan tindakan si pemilik video. Saya lihat ke bagian bawah video, di bagian komentar. Rupanya tertulis Comments are disabled for this video. Rupanya benar-benar si penipu tuh orang.

Kembali saya ke hasil pencarian pertama. Saya perhatikan memang di bawah judul video telah ada tulisan waktu pengunggahan video. Yang pertama saya lihat tadi, rupanya diunggah/diupload 5 bulan yang lalu, dan yang kedua 3 bulan yang lalu. 

Ah itu dia yang saya tidak perhatikan, semestinya sebelum membuka video hasil pencarian pertandingan sepakbola yang terbaru, waktu pengunggahan harus diperhatikan. Jangan sampai pertandingannya baru tadi malam, yang di klik video 5 bulan atau 3 bulan yang lalu seperti kasus saya di atas. Itu tips yang pertama.

Yang kedua, judul dan cover video harus betul-betul harus kita perhatikan dan harus meyakinkan. Baca dengan baik-baik judul videonya. Jangan cepat-cepat membuka video jika tidak ingin kecewa seperti saya lagi. Setelah dibuka ternyata hanya video si pengunggah yang sedang bicara di depan kamera, ternyata  judul videonya setelah saya cermati : HD - Chelsea Vs Wigan Athletic 4-1 - Barclay's Premier League - 9/2/13 - Match Preview. 

Tips yang ketiga, gunakan filter. Pilih upload date nya yang today (hari ini), Pilihan Sort by juga bisa dipilih antara Relevance atau Upload date. Tetap perhatikan tips yang kedua. Akhirnya ketemu juga deh video yang dimaksud. 

Jika ketiga tips di atas sudah dilakukan, namun masih tertipu juga. Sebaiknya tutup aja deh channel Youtube. Tapi jangan putus asa. Buka aja alamat FootyRoom, dan pilih pertandingan terbaru yang Anda ingin saksikan highlightnya. Website menyediakan highlight pertandingan sepakbola yang terbesar dan terlengkap, itu yang saya baca di homepage nya. Ada Inggris: Premier League, FA Cup, Capital One Cup, dan Community Shield. Spanyol: La Liga, Copa del Rey, dan Supercopa de Espana. Italia: Seria A, Coppa Italia, dan Supercoppa Italians. Jerman: Bundes Liga, DFB Pokal, dan DFL-Supercup. Lalu ada Pertandingan Internasional: National Friendlies, Club Friendlies, World Cup Qualifiers, World Cup 2010, Africa Cup of Nations, Summer Olympics 2012, Club World Cup. Ada juga Pertandingan Europe: UEFA Champions League, UEFA Europa League, UEFA Super Cup dan Euro 2012. Dan liga yang lain: Ligue 1, Liga Sagres,Russian Premier League dan Major League Soccer.


Ada tambahan?

Share:

0 comments:

Post a Comment