Wednesday 17 June 2020

Cara Mengembalikan Kapasitas USB Flashdisk Setelah Menggunakan Balena Etcher

Setelah menggunakan Balena Etcher untuk membuat USB Bootable Edubuntu 14, flashdisk saya yang berukuran 8GB kini hanya menjadi 3,2 GB. Kok bisa ya?

kapasitas usb setelah menggunakan ecther
Properties di Ubuntu 20.04 LTS


Tampak tidak ada ruang tersisa: 0 bytes free.

Saya gunakan Disks , Gnome Disk Utility, tampak ada unallocated space pada usb flasdisknya: Free space 4,9 GB

unallocated space after etcher


Lalu apa yang harus saya lakukan agar dapat mengembalikan ukuran flashdisk menjadi 8GB?

Sebelumnya juga pernah terjadi sih, lalu googling dapat tips mengembalikan kapasitas flashdisk setelah menggunakan balena Etcher membuat usb bootable.

repair usb after used balena etcher
Akibat dari perintah ini, USB flash disk akan terhapus dan harus diformat ulang,


Nah, kali ini saya coba cara lain.
Saya coba jalan USB bootable itu try Edubuntu without installing. Lalu buka applikasi Gparted dari live CD Edubuntunya. Pilih device usb.

gparted after balena etcher

Klik kanan pada bagian anallocated, pilih New, Create New Partion, pada bagian File System pilih NTFS, bagian yang lain tidak diubah. Lalu add.

create new partion usb

tunggu sampai proses All operations successfully completed. lalu close.

Nah sekarang flashdisk saya telah menjadi 2 partisi: satu partisi untuk sistem usb bootable Edubuntu 14, dan satu partisi lain untuk media penyimpanan flashdisk memanfaatkan anallocated usb. Total kapasitas usb adalah sekitar 8GB seperti seharusnya. Ketika saya colokkan ke Ubuntu 20.04, langsung plug and play dan dikenali sebagai dua partisi berbeda.

dua partisi di flashdisk

Akibatnya saya masih bisa menggunakan flashdisk ini untuk media penyimpanan, sekaligus tetap dapat menggunakannya untuk keperluan usb Bootable. :)









Share:

0 comments:

Post a Comment