Saturday 13 June 2020

Install ulang Ubuntu di Harddisk Bad Sector

Saya mempunyai laptop yang dibeli tahun 2009, atau sudah berumur lebih dari 10 tahun sekarang ini tahun 2020. Sebelumnya di laptop ini saya install Lubuntu 20, kemudian ganti Debian school (skolelinux), lalu Edubuntu 14 yang kemudian saya upgrade ke Ubuntu 16. Laptop Acer 4732z dengan ram 2 Gb, Model Prosesor Pentium T4400, Kecepatan Prosesor 2.20 GHz, Model GPU Intel GM45 Express, dengan HDD 160 GB.

Karena saya sudah mempunyai laptop baru yang dibeli tahun 2019, maka niatnya laptop Acer 4732z ini untuk mainan anak saya. Sehingga sengaja saya install Distro linux dengan patform edukasi. Di Debian School sepertinya aplikasinya kurang cocok bagi anak saya yang masih tingkat SD dan TK sehingga saya pindah ke Edubuntu. Versi terakhir edubuntu adalah Edubuntu 14. Nah ini saya update dari sistem ada pemberitahuan upgrade ke Ubuntu 16. Setelah proses upgrade selesai ada pemberitahuan bahwa ada file sampah yang tidak terpakai, yang jika dihapus setelah proses instalasi itu memakan waktu berjam-jam. Oleh karenanya saya tetap biarkan saja file2 tidak terpakai itu.

Belakangan saya mau install ulang saja, ke Edubuntu 14 lagi. Nah kemaren pas mencolokkan USB installer dan booting dari hardisk laptop, muncul error.

error hardisk bad sector

error: failure reading sector 0x802 from 'hd0'

Saya lanjutkan proses instalasi dengan USB live Edubuntu 14, ternyata proses instalasi tidak dapat dilanjutkan.

faulty hardisk

ada keterangan bahwa kemungkinan error disebabkan hardisk sudah tua dan perlu diganti, atau cobalah pindahkan ke tempat yang lebih dingin. Saya coba tanyakan ke forum Ubuntu. Ada yang menyarankan ganti hdd memang. Ada pula yang menyarankan untuk wipe HDD, lalu buat Create Partition Table baru. Ini disarankan setelah mengetahui ada bad sector di hardisk saya setelah dilihat dari SMART Data and Self Tests:

8 bad sector

Resikonya apabila wipe hardisk adalah semua data di laptop itu akan hilang terhapus. Sayang sekali jika itu dilakukan ada 3 partisi berisi data saya yang akan terhapus. Akhirnya dengan penasaran googling deh bagaimana cara install Ubuntu di hardisk yang bad sector. Dengan catatan solusinya tanpa ganti hardisk dan tanpa wipe data.

Saya coba lagi install Edubuntu. Jika yang pertama USB bootable saya gunakan UUI Botable, kali ini saya coba pakai Balena ecther. Tidak bisa juga. Proses instalasi crash dan berhenti sama dengan keterangan seperti gambar 2 diatas.
Partisi yang saya siapkan untuk root, swap dan home, dihapus lagi agar bisa memulai install berikutnya. Saya coba install dengan menaruh posisi root di paling akhir atau end (bukan di beginning), juga tetap tidak bisa.

Sampai saya temukan informasi dari halaman diskusi ubuntu: https://askubuntu.com/questions/125679/how-to-install-ubuntu-on-a-hard-drive-with-bad-blocks

You must exclude bad blocks on file system before you begin.

Boot from LiveCD and run this command (assuming that your target partition is sda1):

fsck -M -cc /dev/sda1

This command will check file system on partition /dev/sda1 and will exclude bad blocks from usage. Option -M tells to not check mounted filesystem.


Saya coba jalankan command line itu dari Ubuntu LiveCD saya. Akan tetapi prosesnya sangat lambat saya pikir. Seingat saya tidak sampai 10% langsung saya close terminal. Saya cek lagi hdd saya dengan SMART Data and Test Self. Saya terkejut karena bad sector yang awalnya hanya 8 sekarang menjadi ratusan angkanya, saya lupa apakah 100 atau 200 lebih bad sector terdeteksi setelah melakukan perintah diatas.

Terakhir saya hapus lagi 3 partisi yang saya buat untuk instalasi Ubuntu: swap, home dan root. Saya gunakan GParted dari Ubuntu LiveCD untuk menghapus 3 partisi itu. Saya coba install lagi dengan urutan root di beginning, lalu swap dan home. Dan akhirnya saya berhasi menginstall Edubuntu 14 di hardisk laptop lama saya.

install ulang ubuntu di hdd bad sector

Saya tidak dapat memastikan langkah mana yang menyebabkan install ulang Ubuntu 14 (edubuntu 14) di hardisk bad sector ini berhasil. Intinya rajin otak atik, penasaran dan berani ambil resiko. :) penggabungan antara harap dan takut, raja dan khauf. haha




Share:

0 comments:

Post a Comment