Thursday 14 March 2013

Cara Mengatur Email Masuk ke Folder Khusus

Mengikuti banyak mailing list ternyata repot juga. Setiap hari mungkin tidak kurang sebanyak 100 email yang masuk ke inbox. Untunglah email yang saya daftarkan versi gratisan dari yahoo, sehingga banyaknya email masuk tidak membuat kapasitas email saya penuh. Setidaknya sampai hari ini. 


cara mengatur email masuk ke folder khusus.jpg


Meski begitu, tetap saja saya kadang kewalahan memeriksa halaman demi halaman email di inbox. Mana yang penting dan mana yang tidak. Mana email yang harus saya buka dengan segera, mana yang bisa saya buka kapan saja. Akhirnya saya kepikiran bagaimana caranya agar setiap email yang masuk bisa diatur sedemikian rupa sehingga tidak menumpuk memenuhi satu inbox saja. 

Apabila sebagian email saya tandai sebagai spam, otomatis email-email dari yang bersangkutan akan langsung masuk ke folder spam dan berkumpul dengan email-email yang benar-benar SPAM. Ini juga akan merepotkan sebab siapa tahu email itu masih berguna bagi saya.

Dan saya pun mencoba cara mengatur email masuk agar langsung masuk ke folder khusus tanpa harus masuk ke inbox, juga tidak masuk ke folder SPAM. Berikut langkah-langkah nya.

Pertama, saya buat folder baru, dengan cara meng klik tanda tambah "+" tepat disamping kata Folders, atau bisa juga dengan menekan "Ctrl+Shift+E". Sehingga muncul jendela Add a New Folder. 

Folder khusus email


Isikan Folder name sesuai kehendak kita, contohnya "Test" lalu klik OK.

Setelah itu saya klik bagian Setting pada kanan atas jendela email, lalu saya pilih "Mail Options". Bisa dilihat gambar di bawah.

Folder khusus email options

Lalu pada bagian sebelah kanan, saya pilih dan klik Filters,

mail filter

Klik "add",

add

Akan muncul pilihan filter yang bisa kita atur sesuai kehendak kita:

pilihan filter
Filter name: nama filter, dapat memudahkan pencarian dan pengaturan filter nantinya. Nama wajib diisi!
Pilihan filter lain yaitu; Sender (filter berdasarkan pengirim), Recipient (filter berdasarkan penerima), Subject (filter berdasarkan subjek email) dan Email body (filter berdasarkan isi dari email). Selanjutnya ada pilihan match case untuk masing-masing jenis filter. Ini dicentang manakala filer yang diinginkan harus benar-benar sesuai kriteria kata yang kita masukkan.

Pada bagian bawah ada kalimat: Then deliver the email to the  following folder. Maksudnya adalah email yang kita filter itu akan dimasukkan ke folder mana.

Untuk kasus saya, saya pilih filter jenis Subject, dengan kriteria Contains dengan memasukkan kata [IGI] tanpa centang subject match case.

Lalu saya pilih folder Test sebagai tempat email yang mengandung kata [IGI] pada subject nya. Lalu klik save. 

Kemudian saya coba mengirim email ke mailing list IGI, dan hasilnya berhasil, email saya yang mengandung kata [IGI] itu tepat masuk ke folder Test, tanpa memenuhi inbox lagi. 

Tertarik mencoba? Silakan coba deh. Semoga bermanfaat.

Share:

2 comments: